Pelabuhan Sibolga Jadi Urat Nadi Perekonomian Sumut

Pelabuhan Sibolga Jadi Urat Nadi Perekonomian Sumut
Presiden Jokowi meninjau Pelabuhan Sibolga, Minggu (17/3). Foto: M Adil/JPNN

jpnn.com, SIBOLGA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam kunjungan kerja di Sibolga, Sumatera Utara, pada Minggu (17/3) siang, meresmikan operasional terminal penumpang dan dermaga Pelabuhan Sibolga yang digadang-gadang menjadi pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatera Utara.

Jokowi menilai, untuk mendorong percepatan konektivitas antarpulau dan pemerataan ekonomi, Pelabuhan Sibolga ini sudah bisa digunakan langsung oleh masyarakat sekitar.

"Saat saya ke Sibolga tahun 2016, jalan-jalan masih berlubang dan fasilitas pelabuhan belum memadai. Sekarang sudah berubah signifikan. Saya menyambut baik penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga, terutama kapasitas angkutnya yang naik signifikan sehingga kapal besar sudah bisa sandar," kata Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Ingin Kembalikan Kejayaan Pelabuhan Sibolga

"Selain itu, ferry dan kargo juga dibangun terpisah. Ini tentu sangat efisien. Semoga perekonomian Sibolga dan Sumatera Utara terus tumbuh," sambung Presiden ketujuh RI tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno meminta kepada semua BUMN untuk terus meningkatkan perannya dalam hal peningkatan pemerataan ekonomi melalui ketersediaan infrastruktur yang memadai.

“Saya bangga pengembangan pelabuhan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi telah dilakukan oleh Pelindo I. Pelabuhan Sibolga saat ini sudah jauh lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya, fasilitas sudah memadai," ucap Rini.

Dia juga menjelaskan bahwa pengembangan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga ini meliputi aspek perluasan dermaga untuk peti kemas dan general cargo, perluasan dermaga ferry 400 m2, pembangunan container yard, perkuatan dermaga, trestle dan breasting dolpin, serta pemasangan crane dermaga (fix crane).

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, pengembangan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga ini meliputi aspek perluasan dermaga untuk peti kemas dan general cargo, perluasan dermaga ferry 400 m2, pembangunan container yard, perkuatan dermaga, trestle dan breastin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News