JPNN.com

Jokowi Ingin Kembalikan Kejayaan Pelabuhan Sibolga

Minggu, 17 Maret 2019 – 21:17 WIB Jokowi Ingin Kembalikan Kejayaan Pelabuhan Sibolga - JPNN.com

jpnn.com, SIBOLGA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi ingin Pelabuhan Sibolga kembali ke kejayaannya di masa lalu. Karena itu, pemerintah terus membenahi dan mengembangkan pelabuhan di pesisir barat Sumatera Utara itu.

"Di tahun 70an semua anak SD tahu Pelabuhan Sibolga. Inilah yang ingin kita bangkitkan, fungsi pelabuhan untuk mobiltas barang dan jasa bisa berangkat lagi dari Pelabuhan Sibolga," ujar Jokowi di Pelabuhan Sibolga, Minggu (17/4).

Pemerintah melalui PT Pelindo I memulai penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga pada 2016. Kini pelabuhan tersebut memiliki kapasitas kontainer mencapai 20.000 TEUs. Selain itu, Pelabuhan Sibolga sekaran bisa disandari kapal besar berukuran 6 ribu GT.

Pelabuhan Sibolga kini juga dilengkapi terminal penumpang modern dengan kapasitas mencapai 500 orang. "Dulu hanya bisa menampung 80 orang, sekarang sudah 500," ujar Jokowi.

Ke depannya, lanjut Jokowi, pemerintah akan terus mengembangkan pelabuhan tersebut. Salah satunya pembangunan terminal khusus untuk penyimpanan CPO alias minyak sawit. Dengan begitu, hasil sawit dari Sibolga bisa langsung dikirim ke luar. "Tidak perlu lagi lewat jalur darat 11 jam ke Belawan," tutur dia.

"Kita harus terus mendorong agar ekonomi di Sibolga dan sekitarnya menjadi berkambang lagi," pungkas Jokowi. (dil/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...