Pelabuhan Warnasari Segera Dibangun

Pelabuhan Warnasari Segera Dibangun
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, CILEGON - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah memberikan persetujuan terhadap rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari.

Budi berpesan agar nantinya Pelabuhan Warnasari dikelola secara bersama-sama antara perusahaan swasta, Pemerintah Kota Cilegon dan PT Pelindo II.

Budi menjelaskan, pengelolaan Pelabuhan Warnasari secara bersama-sama dilakukan agar tidak terjadi persaingan tak sehat antar pengelola pelabuhan dalam satu wilayah.

“Jadi fungsinya sama saja, supaya ada korelasi (antar pelabuhan), bisa dibayangkan kalau satu tempat pelabuhannya banyak (operatornya) terjadi kompetisi akhirnya tidak produktif, padahal kalau ini uang investor kan yang rugi pemerintah juga karena kapasitasnya tidak maksimal,” kata Budi.

Terminal yang nantinya digunakan untuk kegiatan bongkar muat general cargo dan curah cair ini, disebut oleh PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri (Badan Usaha Milik Daerah yang akan membangun dan mengelola Pelabuhan Warnasari) akan dibangun pada tahun ini dan diharapkan bisa beroperasi pada 2019.

Sebagai informasi, Pelabuhan Warnasari adalah pelabuhan yang masih dalam tahap perencanaan, lokasi pelabuhan berada di kawasan industri Krakatau Steel.

Luas lahan yang direncanakan untuk pelabuhan sekitar 364.408 m² dari luas lahan yang dimiliki Pemerintah Kota Cilegon seluas 450 ribu m².(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah memberikan persetujuan terhadap rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News