Pelajaran IPS Juga Butuh Praktik

Pelajaran IPS Juga Butuh Praktik
Pelajaran IPS Juga Butuh Praktik

jpnn.com - TIDAK hanya mata pelajaran eksak seperti biologi, fisika, dan kimia yang butuh praktik di laboratorium. Pelajaran IPS juga perlu diberi jam praktik. Tujuannya sama, mempermudah pemahaman siswa mengenai pelajaran tersebut.

Salah satunya pelajaran ekonomi. Di SMP Vita School, Surabaya, siswa diberi materi mengenai kewirausahaan. Untuk itu, siswa diajak praktik lapangan dengan membuat produk bersama salah satu UKM.

"Misalnya, sebentar lagi ini kami ajak mereka praktik bersama UKM kerajinan laut di Kenjeran," ujar Kepala SMP Vita School Junita Indriani. Pihaknya berharap porsi jam praktik itu bisa membuat anak lebih aktif dari sekadar mempelajari buku paket di kelas.

Jam praktik di laboratorium diberi porsi lebih. Bahkan, untuk pelajaran eksak, siswa bisa sewaktu-waktu diajak praktik ke laboratorium.

"Bisa 30 persen dari teori. Bergantung kebutuhan guru juga," ucap Junita.

Misalnya yang terlihat di laboratorium sekolah tersebut Jumat (24/1). Kelompok siswa yang terdiri atas Alexander Aerhura, Edwin Ardian, Devicensia, dan Venantia Tiffany tampak sibuk dengan peralatan bedah.

Di depan mereka, terbaring ikan mas yang perutnya sudah terbuka. Mereka sedang melakukan praktik anatomi untuk pelajaran biologi. "Praktik di laboratorium seperti ini tidak bikin bosan," ungkap Alexander. (kus/c17/ai)


TIDAK hanya mata pelajaran eksak seperti biologi, fisika, dan kimia yang butuh praktik di laboratorium. Pelajaran IPS juga perlu diberi jam praktik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News