Sekolah Gelar Seleksi Mandiri

Sekolah Gelar Seleksi Mandiri
Sekolah Gelar Seleksi Mandiri

jpnn.com - SURABAYA - Sekolah-sekolah menengah atas (SMA) di Surabaya mulai menyiapkan siswanya untuk mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Salah satunya, sosialisasi agar siswa tidak salah memilih jurusan.

SMAN 2 Surabaya, misalnya, mulai kemarin melakukan seleksi mandiri bagi siswanya yang akan mengikuti SNM PTN. Tes dilakukan bagi siswa terbaik di setiap kelas, yaitu lima terbaik dan seterusnya. Kemudian, mereka dites materi SNM PTN sekaligus diminta memilih jurusan yang diminati.

''Tujuannya, memetakan kemampuan siswa sesuai dengan jurusan masing-masing,'' ungkap Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 2 Surabaya Jonny Sucahyono kemarin (24/1). Dari situ, akan diketahui kemampuan tiap-tiap siswa. Pemetaan pun mudah bagi sekolah. Contohnya, ada siswa yang memilih jurusan sama meski kuota sekolah tersebut terbatas.

Untuk pendidikan dokter, misalnya, SMAN 2 Surabaya memiliki kuota sendiri untuk siswa yang bisa masuk SNM PTN. ''Kami lihat kemampuan setiap siswa yang memilih jurusan sama. Dengan begitu, tidak terjadi persaingan sesama sekolah,'' ungkap Jonny. (zal/c17/roz)

SURABAYA - Sekolah-sekolah menengah atas (SMA) di Surabaya mulai menyiapkan siswanya untuk mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News