Pelaku Bisnis Indonesia Optimistis Menyambut 2021

Pelaku Bisnis Indonesia Optimistis Menyambut 2021
Pelaku UMKM mengemas pesanan dodol betawi di pusat pembuatan dodol di kawasan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (14/5). Dodol betawi dijual dengan harga Rp 50.000 - Rp 70.000. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Para pelaku bisnis di Indonesia sangat optimistis menyambut 2021 meskipun masih ada pandemi virus corona (covid-19).

Hal itu terkuak berdasarkan laporan tahunan Grant Thornton International Business Report (IBR) untuk menggambarkan persepsi pelaku bisnis global terhadap perkembangan bisnis dan ekonomi dalam 12 bulan ke depan.

Sebanyak 79 persen responden meyakini perekonomian akan membaik pada tahun depan.

Angka tersebut naik signifikan dari level 56 persen pada survei IBR di pertengahan tahun 2020.

Angka ini cukup menggembirakan karena menempatkan pelaku bisnis Indonesia di peringkat kedua dunia setelah Tiongkok terkait optimisme pelaku bisnis secara global.

Grant Thornton International Business Report (IBR) juga menyebutkan 56 persen pelaku bisnis di Indonesia memprediksi pendapatan perusahaan mereka akan naik pada tahun 2021.

Sebanyak 50 persen pelaku bisnis lainnya meyakini kegiatan ekspor perusahaan akan tumbuh positif di tahun depan sehingga mendukung tingginya optimisme bisnis mereka di tahun depan.

CEO Grant Thornton Indonesia Johanna Gani menjelaskan, tahun ini merupakan tahun yang berat bagi hampir seluruh sektor ekonomi.

Para pelaku bisnis di Indonesia sangat optimistis menyambut 2021 meskipun masih ada pandemi virus corona (covid-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News