Pelaku Usaha Bisa Gunakan Fasilitas BCSA Mulai April

Pelaku Usaha Bisa Gunakan Fasilitas BCSA Mulai April
Pelaku Usaha Bisa Gunakan Fasilitas BCSA Mulai April
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) segera menunjuk bank sebagai agen yang membuat pelaku bisnis di Indonesia langsung menggunakan mata uang Tiongkok dalam bertransaksi bisnis. Sehingga eksportir dan importir Indonesia bisa menggunakan fasilitas swap Rupiah-Renmimbi mulai April 2009.

   

Selain untuk perdagangan antarkedua negara, fasilitas ini juga berlaku untuk kebutuhan investasi dari Tiongkok ke Indonesia atau sebaliknya. Sehingga kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak perlu menggunakan USD. Aturan teknis teknis penggunaan fasilitas Bilateral Currency Swap Agreement (BCSA) dengan People's Bank of China itu akan terbit April.

   

"Dalam waktu dekat aturannya akan keluar, juga bank yang ditunjuk sebagai agen akan segera diumumkan," kata Deputi Gubernur Senior BI Miranda Swaray Goeltom  di Jakarta, Rabu (25/3).

   

Miranda mengatakan kerjasama swap dengan Tiongkok ini juga bisa digolongkan sebagai stimulus dari sisi moneter. Ini sejalan dengan komunike bersama kelompok negara G-20. Dalam komunike itu, bank sentral diminta mengurangi hambatan dalam penyelesaian transaksi perdagangan.

   

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) segera menunjuk bank sebagai agen yang membuat pelaku bisnis di Indonesia langsung menggunakan mata uang Tiongkok dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News