Pelatih Pacman Paham De la Hoya

Pelatih Pacman Paham De la Hoya
Petinju Indonesia Mario Blasius Kali (merah). Foto: Inasgoc

jpnn.com - LAS VEGAS - Suhu persaingan Oscar de la Hoya dengan Manny "Pacman" Pacquiao semakin panas. Itu sejalan dengan semakin dekatnya duel mereka dalam pertarungan bertajuk The Dream Match di MGM Grand, Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Minggu WIB nanti (7/12).

Sulit memprediksi siapa yang akan memenangi pertarungan kelas welter yang disebut sebagai partai terakbar sepanjang 2008 tersebut. Baik Pacman maupun De la Hoya memiliki skill dan pengalaman yang sulit ditandingi.

Namun, Pacman bisa memiliki kelebihan dari lawannya. Itu terkait dengan pemahaman pelatih Pacman, Freddie Roach, atas kelebihan dan kekurangan De la Hoya. Sebab, Roach pernah menangani De la Hoya. Keduanya pernah bekerja sama tahun lalu. Saat itu petinju berjuluk Golden Boy tersebut menghadapi pertarungan besar melawan Floyd Mayweather Jr. Pertarungan itu menjadi kekalahan kelima sekaligus terakhir bagi De la Hoya.

"Saya sangat yakin pada kemampuan Pacquiao untuk pertandingan ini," ucap Roach seperti dilansir Sportinglife. "Dia akan menjatuhkan lawannya dalam sembilan ronde," lanjut pelatih asal AS itu.

Menurut Roach, fisik De la Hoya cepat terkuras. Apalagi, saat ini petinju dengan rekor 39-5, 30 KO tersebut akan melakoni pertandingan di usia 35 tahun. Roach pun memprediksi bahwa De la Hoya akan kesulitan untuk menghadapi serangan-serangan yang dilancarkan Pacquiao (47-3, 35 KO).

"Oscar tak akan kuat menahan Manny, bertarung tiga menit di setiap ronde, yang selalu menyerang dan menekannya. Mengambil keuntungan dengan bertarung dari jarak dekat. Oscar sudah lemah di akhir karirnya," kata Roach.

Pacquiao sendiri mengakui telah berdiskusi banyak dengan Roach mengenai strategi pertarungan melawan De la Hoya. Dia mengatakan sudah mengantongi kelemahan dan kelebihan lawannya itu.

"Saya merasa baik-baik saja. Melawan De la Hoya, Anda harus mampu mengimbanginya. Harus berhati-hati dan berjaga-jaga terhadap hook kirinya. Anda harus masuk ke dalam jangkauannya dan melepaskan pukulan sebanyak-banyaknya sebisa mungkin dan langsung keluar," beber Pacman seperti dikutip Manila Bulletin Online.

LAS VEGAS - Suhu persaingan Oscar de la Hoya dengan Manny "Pacman" Pacquiao semakin panas. Itu sejalan dengan semakin dekatnya duel mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News