Pelicin Ratusan Juta untuk Masuk Fakultas Kedokteran? Prof Nasih: Waspadai Penipuan!

Pelicin Ratusan Juta untuk Masuk Fakultas Kedokteran? Prof Nasih: Waspadai Penipuan!
Pengumuman hasil SNMPTN (lustrasi). Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohamad Nasih meminta orang tua dan siswa tidak terpedaya dengan oknum yang menawarkan jasa untuk masuk ke PTN favorit.

Para calo ini  mengumbar janji bisa membantu meluluskan masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) favorit asalkan membayar uang jasa.

"Kursi di PTN dan program studi favorit tidak diperjualbelikan," kata Prof Nasih di Jakarta, Senin (15/3).

Informasi yang diterima JPNN.com, para oknum ini meminta dana puluhan sampai ratusan juta sesuai grade PTN maupun fakultasnya.

Salah satu sumber yang tidak mau dipublikasikan namanya menyebutkan, untuk Fakultas Kedokteran di PTN favorit misalnya, bayarannya hingga ratusan juta rupiah.

Merespons masalah tersebut, Prof Nasih meminta orang tua dan siswa agar tidak percaya dengan oknum, kelompok orang atau institusi yang menjanjikan bisa membantu atau menjamin siswa diterima pada program studi di PTN favorit.

Rektor Universitas Airlangga ini menegaskan, LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk PTN bagi calon mahasiswa baru agar PTN memperoleh calon yang unggul dan berkualitas.

Selain itu LTMPT dan perguruan tinggi negeri tidak bekerja sama dengan perorangan, kelompok atau instansi lain dalam penerimaan mahasiswa baru. 

Terindikasi para calo masuk PTN kembali beraksi dan meminta dana ratusan juta untuk kursi prodi favorit, seperti Fakultas Kedokteran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News