Pelindo III Berencana Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

Pelindo III Berencana Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun
Pelindo III Berencana Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana akan menerbitkan surat utang (obligasi) sebesar Rp 1 triliun pada pertengahan 2014 mendatang.

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan pihaknya berencana mengajukan penerbitan obligasi kepada Kementerian BUMN, setelah adanya persetujuan dari pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada November 2013.

"Tentu itu kita lakukan menunggu persetujuan RUPS nanti," ujar Djarwo di Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (18/10).

Nantinya kata Djarwo, dana hasil penerbitan obligasi ini akan dialokasikan untuk pembiayaan proyek, seperti pembangunan terminal penumpang di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Terminal Teluk Lamong pada pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan pengembangan kawasan industri, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) yang berlokasi di Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Lebih lanjut Djarwo menjelaskan,untuk lahan pembangunan terminal penumpang di pelabuhan Tanjung Perak  dengan kapasitas daya tampung sebanyak 4.500 penumpang, akan selesai awal tahun 2014.

Sementara itu, operasional Terminal Teluk Lamong  akan beres pada Mei 2014. "Saat ini, tahapan pembangunannya sudah mencapai 60 persen," terangnya.

Sedangkan untuk pengembangan kawasan industri seluas 2.500 di Manyar, Pelindo III menjalin kemitraan dengan PT AKR Corporindo.

"Tahap pertama Java Integrated Industrial and Port Estate beroperasi di Oktober 2014 dengan luas lahan mencapai 700 ha dan biaya investasi sebesar Rp 4 triliun," pungkas Djarwo sembari berharap peneribitan obligasi ini berjalan lancar. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana akan menerbitkan surat utang (obligasi) sebesar Rp 1 triliun pada pertengahan 2014 mendatang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News