Pelindo III Optimalkan 13 Terminal

Pelindo III Optimalkan 13 Terminal
Pelindo III Optimalkan 13 Terminal
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) mengantisipasi lonjakan arus penumpang pada Lebaran tahun ini dengan menyiapkan 13 terminal penumpang di tujuh provinsi.  Kepala Humas PT Pelindo III Edy Priyanto memprediksi, di antara 13 pelabuhan strategis tersebut, yang bakal mengalami peningkatan tajam jumlah penumpang adalah Tanjung Perak, Tanjung Emas, Sampit, Banjarmasin, Gresik, Benoa, Lembar, Tenau Kupang dan Kumai.

"Yang diperkirakan mengalami lonjakan penumpang pada arus balik adalah Pelabuhan Tanjung Emas dan Tanjung Perak. Untuk itu, kami berupaya melakukan persiapan sebaik-baiknya," ungkapnya kemarin (21/8).

Dia menambahkan, masing-masing Terminal Penumpang telah memiliki Posko Terpadu Lebaran. Posko itu melibatkan petugas dari Pelindo III, Administrasi Pelabuhan, Kepolisian, institusi serta unit kerja lainnya. "Untuk menunjang kenyamanan pemudik, kami juga melengkapi terminal penumpang dengan ruang kesehatan, ruang menyusui, kantin, hingga toilet. Kami juga merenovasi ruangan supaya dapat menampung lonjakan kapasitas penumpang," paparnya.

Secara rinci dia juga menyebutkan luas terminal penumpang yang siap melayani arus mudik maupun arus balik Lebaran. Di Pelabuhan Tanjung Perak, misalnya, terminal penumpang Gapura Surya seluas 5.375 meter persegi), Gapura Nusantara (4.950 meter persegi) dan Terminal Roro (2.573 meter persegi).

SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) mengantisipasi lonjakan arus penumpang pada Lebaran tahun ini dengan menyiapkan 13 terminal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News