Peluang Jokowi-Puan Menang di Pilpres 2019 Sangat Tipis

Peluang Jokowi-Puan Menang di Pilpres 2019 Sangat Tipis
Menko PMK Puan Maharani di Istana Negara. Foto: Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peluang Joko Widodo memenangi Pilpres 2019 sangat kecil, jika nantinya menggandeng Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, sebagai calon wakil presiden.

"Alasannya, ketokohan Puan belum begitu tampak di tengah masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (LAPI) Maksimus Ramses Lalongkoe pada JPNN, Kamis (31/8).

Menurut Ramses, ketokohan dan elektabilitas ‎merupakan faktor penting yang harus diperhatikan Jokowi dalam menetapkan siapa nantinya calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

Karena tidak mungkin hanya mengandalkan ketokohan dan elektabilitas Jokowi semata. Sebab jika lawan politik mampu menghadirkan pasangan capres-cawapres yang elektabilitasnya baik, bukan tidak mungkin bakal mengalahkan ketokohan Jokowi.

"Tapi saya kira kemungkinan Jokowi berpasangan dengan Puan sangat tipis. ‎Apalagi mereka dari partai yang sama yakni PDI Perjuangan dan akan terjadi saling tarik menarik kepentingan bila dipaksakan," pungkas pengajar dari Universitas Mercu Buana ini. (gir/jpnn)


Peluang Joko Widodo memenangi Pilpres 2019 sangat kecil, jika nantinya menggandeng Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News