Peluang, Tamatan SMA untuk CPNS Pemekaran

Merebak, Isu Anggota Dewan Minta Jatah

Peluang, Tamatan SMA untuk CPNS Pemekaran
Peluang, Tamatan SMA untuk CPNS Pemekaran
BENGKULU -- Kesempatan lulusan SMA untuk ikut seleksi penerimaan CPNS sangat kecil. Tidak ada formasi yang disediakan untuk lulusan SMA, namun ada peluang lulusan SMA ini bisa ikut seleksi CPNS di daerah baru hasil pemekaran.

Sekda Provinsi Bengkulu Drs. H. Hamsyir Lair menjelaskan, meski formasi final CPNS belum turun dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB), dia memastikan penerimaan tes CPNS tahun ini tanpa formasi SMA.

"Berdasarkan jumlah formasi CPNS tidak ada formasi untuk SMA. Untuk finaliasasi formasinya saat ini pemda Provinsi masih menunggu hasil dari MenPan," ujar Hamsyir saat ditemui di kediaman anggota DPRD Provinsi, Basri Muhammad. Dijelaskan, lulusan sarjana masih mendominasi formasi CPNS, disusul diploma dan pasca sarjana. Karena itu, para lulusan sarjana yang masih berstatus pencari kerja dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mempersiapkan persyaratan lamaran.

Sementara Pemda Kota Bengkulu masih memungkinkan menerima formasi tamatan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pada tes CPNS mendatang, tapi kecil kemungkinan untuk formasi SMA. MenPAN sendiri memang memasukkan lulusan SMA non kejuruan dalam formasi penerimaanCPNS, dimana pemerintah menjatah 10 persen dari formasi yang diajukan tiap daerah. Dengan catatan daerah memang benar-benar butuh dan jelas job descriptionnya.

BENGKULU -- Kesempatan lulusan SMA untuk ikut seleksi penerimaan CPNS sangat kecil. Tidak ada formasi yang disediakan untuk lulusan SMA, namun ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News