Mobil

Pelumas Lokal Federal Oil Resmi Milik ExxonMobil

Pelumas Lokal Federal Oil Resmi Milik ExxonMobil
Proses pendatanganan akuisis Federal Oil oleh ExxonMobil di Jakarta. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Langkah akuisisi terhadap PT. Federal Karyatama (FKT) - produsen pelumas merek Federal Oil dan Federal Mobil oleh Esso Petroleum Company Limited dan ExxonMobil UK Limited (ExxonMobil) berjalan lancar. Kini perusahaan pelumas lokal itu resmi jadi bagian ExxonMobil.

Bergabungnya FKT ke ExxonMobil ditandai lewat penandatanganan Perjanjian Akta Jual Beli Saham oleh dan antara PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perusahaan induk dari FKT, dan ExxonMobil pada tanggal 28 Juni 2018 kemarin.

ExxonMobil membeli seluruh saham FKT dengan nilai transaksi sebesar USD436 juta yang mewakili 100 persen perubahan kepemilikan saham, atau setara dengan 423.600 saham yang dimiliki MPMX dan anak perusahaannya di FKT.

Peristiwa ini sekaligus mewarnai perjalanan FKT yang pada tahun 2018 ini memasuki usia ke-30 tahun. Didirikan pada tahun 1988, perjalanan 30 tahun FKT telah melalui banyak tantangan dalam percaturan industri pelumas di Indonesia.

Federal Oil (FO) adalah merek pelumas kendaraan roda dua yang diproduksi pertama kali dan pada waktu itu merupakan pelumas resmi sepeda motor Honda.
Saat ini, dengan pangsa pasar sekitar 20% Federal Oil telah menjadi pelumas terbesar di segmen kendaraan roda dua. Sementara itu, di segmen kendaraan roda empat sendiri, FKT juga merilis pelumas Federal Mobil sejak 2015 dan terus berkembang memenuhi kebutuhan pasar.

“Sebagai perusahaan lokal, ini menjadi pencapaian luar biasa. Akuisisi ini membuka peluang-peluang pertumbuhan lebih luas lagi bagi FKT ke depannya,” jelas Presiden Director PT FKT Patrick Adhiatmadja dalam siaran resmi, Minggu (1/7).

MPMX adalah sebuah perusahaan terkemuka di Indonesia dengan visi untuk memberikan dampak positif pada kehidupan melalui mobilitas yang cerdas dan integrasi sosial. Setelah penyelesaian transaksi ini, MPMX melalui beberapa anak perusahaannya akan tetap menjadi mitra bisnis utama FKT, terutama dalam hal distribusi, penjualan dan pemasaran produk FKT di pasar-pasar utama tertentu, dan menyediakan platform ekosistem terintegrasi (shared economics) dan value proposition yang unggul kepada FKT dan para pelanggannya. (mg8/jpnn)


PT. Federal Karyatama (FKT) - produsen pelumas merek Federal Oil dan Federal Mobil resmi menjadi bagian dari Esso Petroleum Company Limited dan ExxonMobil.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News