Pembangkit 35 Ribu Mw Pertama Siap Beroperasi di Gorontalo

Pembangkit 35 Ribu Mw Pertama Siap Beroperasi di Gorontalo
Pembangkit 35 Ribu Mw Pertama Siap Beroperasi di Gorontalo

jpnn.com - JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gorontalo telah berhasil melakukan uji coba tegangan untuk masuk ke dalam sistem kelistikan di Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, PT PLN Machnizon Masri mengatakan pembangunan proyek PLTG Gorontalo berkapasitas 4 x 25 Mega Watt (MW) tersebut berlangsung relatif cepat.

Tak kurang dalam 4 bulan, sejak dilakukan ground breaking pada 19 September 2015, PT PLN bersama PT Pembangunan Perumahan (PP) berhasil merampungkan seluruh pengerjaan.
 
"Progres pembangunan PLTG Gorontalo ini terbilang cukup cepat. Kami telah berhasil memasang 4 unit mesin pembangkit kapasitas 25 MW, dan hari ini kami juga telah menjalankan pengetesan panel dan trafo di Gardu Induk (GI) PLTG Gorontalo. Semuanya berjalan dengan baik," ungkap Machnizon dalam siaran persnya.

Sementara untuk keseluruhan pemasangan empat unit pembangkit berkapasitas masing-masing 25 Mw telah dilakukan. Di mana dua di antaranya dipastikan telah berhasil melalui sejumlah uji coba. Mulai dari uji coba tegangan, pengecekan kabel konduktor dan isolator, pengecekan panel hingga uji coba penyaluran tegangan masuk melalui gardu induk.
 
Untuk tahap pertama, dua unit masing-masing berkapasitas 25 Mw telah berhasil melalui uji coba sistem dan tegangan. Dengan masuknya kedua unit ini, maka sistem kelistrikan Sulutgo akan bertambah 50 Mw.

Secara bersamaan PLN juga telah berhasil merampungkan gardu induk (GI) PLTG Gorontalo, serta pembangunan enam Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) PLTG Gorontalo – GI Marisa berkapasitas 150 kilo Volt (kV) dengan panjang 1,4 kilo meter sirkit (kms).
 
"PLTG Gorontalo ini akan menjadi pembangkit pertama dalam rangkaian program pembangkit 35.000 Mw yang ditargetkan selesai dalam lima tahun ke depan," tandas Machnizon. (chi/jpnn)


JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gorontalo telah berhasil melakukan uji coba tegangan untuk masuk ke dalam sistem kelistikan di Sulawesi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News