Pembangunan Arena Kejuaraan Dunia Perahu Motor di Balige Sudah 99,97 Persen

Pembangunan Arena Kejuaraan Dunia Perahu Motor di Balige Sudah 99,97 Persen
Arena Kejuaraan Dunia Perahu Motor (F1 Powerboat World Championship/F1H2O) 2023, Danau Toba, Sumatera Utara. Foto: ANTARA/HO-Kementerian PUPR

jpnn.com, BALIGE - Pembangunan fisik arena Kejuaraan Dunia Perahu Motor 2023 di Kawasan Danau Toba, Balige Kabupaten Toba, Sumut, sudah sudah 99,97 persen.

Kementerian PUPR menyebutkan pekerjaan terakhir di venue event F1 Powerboat World Championship/F1H2O itu hanya menyisakan pembersihan area.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan Kementerian PUPR secara terpadu telah mendukung pembangunan infrastruktur pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Itu yang harus kita jaga betul," katanya.

Prinsip penataan kawasan wisata Danau Toba, kata Basuki, adalah mengubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional.

Pembangunan area F1H2O mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Ditjen Cipta Karya sejak 30 November 2022 dan selesai 21 Februari 2023.

Hingga 18 Februari 2023, progres pekerjaan menyisakan pembersihan area, perapian atap Sopo Batak, dan pembersihan fasilitas toilet.

Pembangunan area F1H2O berada di Kecamatan Balige dengan anggaran APBN 2022-2023 senilai Rp35,9 miliar.

Pembangunan fisik arena Kejuaraan Dunia Perahu Motor 2023 di Kawasan Danau Toba, Balige Kabupaten Toba, Sumut, sudah sudah 99,97 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News