Pembangunan Boom Marina Banyuwangi Terus Digenjot

Pembangunan Boom Marina Banyuwangi Terus Digenjot
Rapat mengenai persiapan pembangunan Boom Marina Banyuwangi. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - SURABAYA – Pembangunan kompleks wisata Boom Marina Banyuwangi terus digenjot. Marina bertaraf internasional ini nantinya akan menjadi destinasi wisata bahari, yang terintegrasi antara Banyuwangi, Bali, dan Labuan Bajo.

Dengan adanya Boom Marina Banyuwangi direncanakan Kabupaten Banyuwangi bakal menjadi tuan rumah ajang kapal layar internasional, Fremantle Yacht Race and Rally pada Mei 2017.

“Pentingnya pembangunan tersebut membuat proses studi kelayakan dikerjakan dengan sangat hati-hati dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku," ujar Operasional and Business Development Section Head PT Pelindo Properti Indonesia (Pelindo Properti) Mahde Kumar.

Infrastruktur maritim modern ini, sambung Mahde, nantinya akan dikembangkan sejalan dengan konsep pelestarian alam, sebagai salah satu ciri destinasi bahari.

Mahde menjelaskan, untuk mendukung kelengkapan proses pengembangan, telah dikerjakan sebuah studi kelayakan lingkungan, yang baru dan disesuaikan dengan rencana pengembangan Pelabuhan Boom.

Sedangkan studi kelayakan lingkungan yang lama masih mengacu pada kondisi eksisting Pelabuhan Boom.

"Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dengan dukungan masyarakat di sekitar kawasan Pantai Boom, Pelindo Properti telah duduk bersama dalam sidang terakhir pada Selasa (19/7), terkait studi kelayakan lingkungan," tuturnya.

Saat ini pembangunan berjalan pada tahap penyiapan infrasturuktur dasar serta perbaikan sarana pendukung, seperti renovasi toilet dan peninggian lahan untuk mengantisipasi banjir yang diakibatkan oleh air laut pasang.

SURABAYA – Pembangunan kompleks wisata Boom Marina Banyuwangi terus digenjot. Marina bertaraf internasional ini nantinya akan menjadi destinasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News