Pengumuman! Mobil tak Ada Bak Sampah Akan Ditilang

Pengumuman! Mobil tak Ada Bak Sampah Akan Ditilang
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SAMARINDA – Sampah masih menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota Samarinda. Berbagai cara dilakukan Pemkot Samarinda agar sampah tak lagi menggunung di mana-mana.

“Sekarang kami programkan Jumat bersih. Bahkan, terkadang tidak Jumat, bisa juga hari lain,” terang Pelaksana Harian Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Samarinda Endang Liansyah, Rabu (20/7).

Dengan program tersebut, pihaknya berencana menyasar kawasan Samarinda Utara. Sebagaimana diketahui, terdapat sedimentasi sampah di drainase yang membuat wilayah itu rentan banjir.

Endang mengatakan, kegiatan itu bakal jadi program rutin pemkot. Dia mengharapkan, selain membersihkan, kegiatan itu membangkitkan kesadaran gotong royong masyarakat.

Dia hanya menyayangkan antusiasme masyarakat yang begitu rendah. “Padahal, kami membersihkan lingkungannya. Tapi, si pemilik rumah hanya melihat dan tidak membantu. Inilah, kesadaran masyarakat masih sangat kurang,” imbuhnya.

Ada beberapa hal menarik yang diperhatikan Endang selama mengisi posisi pimpinan DKP Samarinda. Yakni, kebiasaan masyarakat membuang sampah dari kendaraan.

Karena itu, kini dia menyiapkan formula agar ada regulasi jelas perihal kewajiban setiap mobil memiliki sebuah tempat sampah. “Kalau mobil tidak ada tempat sampahnya, bisa ditilang. Mungkin hukumannya tidak berat, tapi akan berefek jera,” tegas Endang. (nyc/ndy/k8)


SAMARINDA – Sampah masih menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota Samarinda. Berbagai cara dilakukan Pemkot Samarinda agar sampah tak lagi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News