Menhan Pimpin Pembangunan Food Estate, Syarief Demokrat: Rancu!

Menhan Pimpin Pembangunan Food Estate, Syarief Demokrat: Rancu!
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: dokomen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi niat pemerintah membangun food estate untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia.

Namun, politikus senior Partai Demokrat itu menilai alangkah baiknya program tersebut dikoordinasikan oleh Menteri Pertanian, bukan Menteri Pertahanan.

“Kalau itu tidak jelas, akan mengakibatkan orientasi juga hasilnya tidak akan tercapai. Misalnya, jangan food estate itu dikomandoi oleh yang tidak ahli pertanian, dalam arti kata, jangan tidak dikomandoi oleh menteri pertanian,” kata Syarief usai Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

“Jadi bukan food estate itu dikomandoi oleh menteri pertahanan, ini agak rancu. Saya khawatir kalau itu terjadi, dan itu sudah terjadi, maka keinginan presiden itu tidak tercapai," katanya.

Syarief juga meminta Pemerintah untuk lebih transparan dalam membuat dan menjalankan program penanganan Covid-19.

Menurut Syarief, perlu adanya koordinasi yang baik antara eksekutif dan legislatif dalam menghadapi krisis ini bersama.

“Food estate itu juga harus tepat sasaran, tepat betul-betul transparan dan siapa yang bertanggung jawab," ucapnya.

Pesiden Jokowi mengatakan situasi pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus melakukan reformasi disegala sektor, satu di antaranya soal ketersediaan pangan nasional.

Syarief Hasan menilai alangkah baiknya program food estate dikoordinasikan oleh Menteri Pertanian, bukan Menteri Pertahanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News