Pembangunan Infrastruktur Transportasi Harus Didukung SDM

Pembangunan Infrastruktur Transportasi Harus Didukung SDM
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat dengan anak buahnya. Foto dok humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan infrastruktur transportasi yang berkualitas harus didukung oleh Sumber Daya Manusia, yang memiliki kompetensi yang baik dalam bidang transportasi.

“Pembekalan insan transportasi harus dengan suatu kompetensi yang baik dan mumpuni," ujar Budi di Jakarta, Selasa (12/9).

Budi menjelaskan, saat ini pertumbuhan sektor transportasi per tahun rata-rata di atas 7 persen, lebih besar dari pertumbuhan PDB secara total.

Pada 2016 sektor transportasi berkontribusi sebesar 5,18 persen terhadap PDB.

“Hal ini memberikan gambaran bahwa walaupun ditengah keterbatasan anggaran, namun melalui tata kelola anggaran yang efektif dan efisien, sektor transportasi berkembang dengan baik dan memberikan konstribusi yang positif terhadap perekonomian nasional,” terang Budi.

Kementerian Perhubungan juga turut andil dalam mendukung Nawa Cita. Sektor perhubungan memiliki peranan yang teramat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Ke depan sektor transportasi harus bisa menjalin konektivitas antar pulau dan harus mampu mewujudkan aksesibilitas ke seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu transportasi juga harus bisa menjamin keamanan dan keselamatan pengguna jasa dan menyediakan pelayanan dengan kualitas yang baik serta prima," tutur Budi.(chi/jpnn)


Ke depan sektor transportasi harus bisa menjalin konektivitas antar pulau dan harus mampu mewujudkan aksesibilitas ke seluruh wilayah di Indonesia.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News