Pembangunan Infrastruktur Untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan Infrastruktur Untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS Hj Nevi Zuarina. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi UMKM, BUMN, Pasar Modal, dan Perdagangan Hj. Nevi Zuairina meminta pemerintah pusat untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.

Politikus PKS ini mengatakan pascakrisis moneter tahun 1997 dan krisis keuangan global tahun 2008, pemerintah berupaya meningkatkan anggaran untuk sektor pembangunan infrastruktur di semua lini. Misalnya, pembangunan sarana dan prasarana jalan dan jembatan, pelabuhan laut maupun pelabuhan udara.

“Pada kasus pembangunan di Sumbar, saya berharap agar proses integralisasi pembangunan di daerah itu tidak hanya melibatkan Pemda Provinsi Sumatera Barat semata, namun juga menjadi bagian dari tanggung jawab dan program dari pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Sumatera Barat,” ujar Nevi dalam siaran pers pada Selasa (17/5).

Legislator asal Sumbar II ini mengatakan infrastruktur yang layak dan memadai akan menunjang kelancaran proses distribusi barang dan jasa dari suatu titik ke titik lainnya.

Selain itu, keberadaan infrastruktur yang layak akan menjadi bagian yang sangat penting dalam upaya pelayanan kepada masyarakat.

Dia mencontohkan Sumatera Barat sebagai daerah yang dilengkapi dengan sumber daya alam yang cukup karena memiliki garis pantai dan ketersediaan lahan untuk pelabuhan serta jaringan konektivitas ke daerah tetangga seperti Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Bengkulu, maka Sumbar perlu mengintegrasikan diri ke dalam program kerja pemerintah tersebut secara utuh dan bersungguh sungguh.

“Kami menyadari berbagai fasilitas fisik dan sarana penunjang adalah hal vital untuk mendukung berbagai kegiatan perekonomian, industri bahkan kegiatan sosial dan pemerintahan,” ungkap Nevi Zuairina.

Nevi menegaskan keberadaan dan penyediaan infrastruktur sangat mutlak untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan ekonomi kawasan.

Anggota Komisi VI DPR Nevi Zuairina meminta pemerintah pusat meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News