Pembayaran Gaji ASN di Samarinda Terlambat, Wali Kota Andi Harun Bilang Begini

Pembayaran Gaji ASN di Samarinda Terlambat, Wali Kota Andi Harun Bilang Begini
Wali Kota Samarinda Andi Harun. (ANTARA/Ahmad Rifandi)

jpnn.com - SAMARINDA - Pembayaran gaji aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda pada Januari 2024 mengalami keterlambatan. Pemkot Samarinda berjanji akan segera menuntaskan pembayaran gaji ribuan ASN, itu selambat-lambatnya pada pekan ini.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menjelaskan bahwa keterlambatan pembayaran gaji pegawai itu karena ada peluncuran sistem baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang bernama Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD RI).

"Kami mohon maaf kepada seluruh ASN yang mengalami keterlambatan gaji. Ini bukan karena ketidakmampuan kami, tetapi karena ada perubahan sistem yang harus kami ikuti," kata Andi Harun kepada wartawan di Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (8/1).

Dia menegaksan bahwa sistem baru ini wajib dilaksanakan oleh semua pemerintah daerah (pemda). "Kami harus melakukan mutasi data dari sistem lama ke sistem baru. Proses ini membutuhkan waktu dan koordinasi yang intensif dengan pihak terkait," ungkap Andi Harun.

Pemkot Samarinda telah berupaya maksimal untuk mempercepat proses mutasi data tersebut agar gaji pegawai dapat segera dibayarkan. Andi Harun berharap tidak ada lagi kendala teknis yang menghambat pembayaran gaji pegawai. "Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kesabaran seluruh ASN yang telah bekerja keras untuk melayani masyarakat," katanya.

Andi Harun meminta supaya gaji ASN Pemkot Samarinda dibayar secara manual dahulu untuk bulan Januari ini, menyusul adanya kendala pada SIPD.

"Kalau menunggu itu pasti makan waktu lagi, tetapi ketersediaan uang kita sangat sehat, sangat cukup. Ini hanya menyangkut teknis pembayaran," ungkapnya.

Wali Kota Samarinda sudah memerintahkan sekretaris daerah dan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk melakukan pembayaran gaji pegawai secara manual sebagai jalan tengah agar tidak berlarut-larut.

Pembayaran gaji ASN di lingkungan Pemkot Samarinda terlambat, begini penjelasan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News