Pembenah Tanah Organik Tingkatkan Produktivitas Sayuran Daun

Pembenah Tanah Organik Tingkatkan Produktivitas Sayuran Daun
Petani Sayuran. Foto Ilustrasi: pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta jajarannya terus melakukan bimbingan dan pendampingan kepada para petani dan penyuluh pertanian di Indonesia, meski di tengah pandemi Covid-19.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Direktorat Jenderal Hortikultura mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bertajuk Penggunaan Pembenah Tanah Organik Cair (PTOC) dalam Meningkatkan Produktivitas Sayuran Daun, secara daring melalui Zoom Meeting.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa  bimtek Hortikultura bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan produktivitas pada kampung hortikultura dan topik bimtek kali ini difokuskan pada kampung sayuran daun.

Dia menyebut hingga akhir 2021, ditargetkan ada 230 hektare kampung sayuran daun yang siap dikembangkan di 12 provinsi di Indonesia.

"Dengan adanya kampung sayuran daun ini diharapkan mampu meningkatkan kesehatan tanaman, produktivitas, dan pendapatan petani," ucap Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Tommy Nugraha dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/8).

Guna mendukung peningkatan dan kualitas produksi komoditas di kampung sayuran daun, diperlukan perbaikan sifat fisik dan kimia tanah sebagai media tanam, salah satunya dengan penggunaan PTOC.

Perbaikan ini diharapkan mampu memperbaiki kesehatan lahan, meningkatkan ketersediaan bahan organik untuk tanaman, hasil panen petani lebih berkualitas, dan efisiensi dalam biaya produksi.

PTOC Tingkatkan Produktivitas Tanaman Sayuran Daun

Ditjen Hortikultura Kementan mengadakan bimtek guna meningkatkan produktivitas sayuran daun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News