Pembenihan Padi Hibrida Masih Bergantung Asing

Pembenihan Padi Hibrida Masih Bergantung Asing
Pembenihan Padi Hibrida Masih Bergantung Asing
JAKARTA - Direktur Utama PT Sang Hyang Seri (SHS), Edi Budiono mengatakan pembenihan padi Hibrida masih bergantung dengan asing. Pasalnya, galur betina atau CMS (Crop Male Sterille) yang merupakan tanaman yang bunga jantannya steril belum bisa diproduksi di Indonesia.

"Kita masih tergantung teknologi dari luar untuk pembenihan," kata Edi Budiono pada acara panen benih hibrida SL 8 SHS Produksi PT Sang Hyang Seri (Persero) di Areal Cabang Khusus Sukamandi, Subang Kantor Regional I Wilayah Jawa Barat, Rabu (12/10). Turut pula, rombongan Komisi IV DPR yang dipimpin M Romahurmuziy (ketua), Herman Khaeron (wakil ketua) dan Direktur Pembenihan Kementriah Pertanian (Kementan), Bambang Budianto.

Edi menjelaskan untuk memproduksi benih padi hibrida ini, pihaknya mengajak negara berkolaborasi, seperti Filipina, Belgia, India, dan China. Ia mencontohkan, untuk varietas WM 1 dan WM 2, PT SHS yang tercatat sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerjasama dengan Filipina.

Meski pembenihan padi hibrida masih bergantung dengan negara lain, Bambang Budianto mengatakan program itu harus dikawal untuk swasembada beras dengan mencapai surplus beras 10 juta ton tahun 2014. "Program padi hibrida tetap akan dilanjutkan. meskipun tetua CMS belum bisa diproduksi di Indonesia," katanya.

JAKARTA - Direktur Utama PT Sang Hyang Seri (SHS), Edi Budiono mengatakan pembenihan padi Hibrida masih bergantung dengan asing. Pasalnya, galur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News