Pemberontak Tahan Kereta, Ratusan Penumpang Disandera

Pemberontak Tahan Kereta, Ratusan Penumpang Disandera
AKSI - Kelompok pemberontak Maois di India, yang menentang pelaksanaan pemilihan umum yang tengah berjalan saat ini, dikabarkan telah melancarkan sejumlah aksi kekerasan, termasuk penahanan kereta berpenumpang ratusan orang, Rabu (22/4) pagi ini. Foto: AP.
NEW DELHI - Kelompok pemberontak yang disebut-sebut beraliran Maois, Rabu (22/4) pagi waktu setempat menahan sebuah kereta api penumpang di kawasan timur India. Seperti diinformasikan oleh pihak kepolisian yang dikutip BBC, kereta tersebut bermuatan tak kurang dari 500 orang.

Masih menurut keterangan kepolisian setempat, sekitar 250 orang anggota bersenjata kelompok pemberontak itu, menaiki kereta yang tengah menempuh perjalanan di wilayah Jharkhand, dan memaksa kereta itu berhenti di kota kecil Hegarah. Sejauh ini, polisi masih menyiapkan rencana untuk melakukan operasi penyelamatan.

Kejadian ini berlangsung bertepatan dengan putaran kedua pemungutan suara dalam pemilu di India. Untuk diketahui, kelompok pemberontak ini sebelumnya telah menyerukan agar warga memboikot pemilihan tersebut. Setidaknya 17 orang tewas dalam beberapa serangan yang konon dilakukan kelompok ini pada saat pemungutan suara putaran pertama minggu lalu.

Sehubungan dengan aksinya kali ini, kelompok tersebut diberitakan bereaksi atas tewasnya lima orang warga desa yang menurut mereka dibunuh oleh pasukan paramiliter pekan lalu. Pihak paramiliter sendiri menyebut bahwa kelima orang itu adalah anggota lokal Maois, yang terbunuh bersamaan dengan serangan kelompok itu juga, di mana dua anggota paramiliter pun tewas.

NEW DELHI - Kelompok pemberontak yang disebut-sebut beraliran Maois, Rabu (22/4) pagi waktu setempat menahan sebuah kereta api penumpang di kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News