Pembinaan Profesi Guru Tidak Berjalan

Pembinaan Profesi Guru Tidak Berjalan
Pembinaan Profesi Guru Tidak Berjalan
JAKARTA — Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo mengungkapkan, hingga saat ini program pembinaan profesi guru di Indonesia tidak efektif dan cenderung mandeg. Padahal, masih cukup banyak guru di daerah yang tidak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan yang dibiayai dan disiapkan oleh pemerintah.

“Rasanya justru program ini jalan di tempat dan tidak berjalan sama sekali apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Banyak sekali guru yang sebenarnya antusias, nyatanya tidak efektif. Apalagi guru sekolah swasta dan guru honorer,” ungkap Sulistyo di Jakarta, Rabu (5/10).

Adanya kondisi tersebut, lanjut Sulistyo, kemampuan profesional guru di Indonesia banyak yang tidak berkembang, bahkan bisa jadi wawasan kependidikan guru menurun, setelah yang bersangkutan sekian tahun bekerja. “Maka jangan heran jika banyak keluhan berkaitan dengan mutu guru. Karena, lembaga pendidikan penghasil guru saja juga belum mampu mempersiapkan kompetensi guru dengan baik,” ujarnya.

Di beberapa negara lain, menurut Sulistiyo, guru  diberi kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam satuan waktu tertentu. Ada yang minimal 100 jam setahun, yang dibiayai oleh pemerintah. Materi pelatihan diusulkan oleh guru sesuai dengan kebutuhan dan kondisi guru yang bersangkutan.

JAKARTA — Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo mengungkapkan, hingga saat ini program pembinaan profesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News