Pembocor Rahasia Amerika Masih Nyangkut di Rusia

Pembocor Rahasia Amerika Masih Nyangkut di Rusia
Pembocor Rahasia Amerika Masih Nyangkut di Rusia
MOSKOW – Edward Snowden masih bertahan di Bandara Sheremetyevo hingga kemarin (27/6). Sejak pesawat yang dia tumpangi mendarat di Kota Moskow, pria 30 tahun tersebut tidak pernah meninggalkan zona transit. Konon, pembocor program pengawasan intelijen Amerika Serikat (AS) itu akan bertolak ke Ekuador.

Begitu Presiden Rusia Vladimir Putin mengonfirmasikan keberadaan Snowden di Sheremetyevo, awak media dari seluruh dunia pun langsung menuju Moskow. Mereka berusaha menemukan hacker yang berwajah tampan tersebut di antara ratusan penumpang yang hilir mudik di area transit bandara. Namun, mencari Snowden di bandara yang ramai itu bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami.

Sebenarnya, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) tersebut sempat membeli tiket pesawat tujuan Havana, Kuba, Senin lalu (24/6). Menurut kabar, dia hanya akan transit di Kuba. Sebab, tujuan utama Snowden adalah Venezuela. Sejak kasus pembocoran rahasia intelijen AS itu menjadi topik hangat media, Presiden Nicolas Maduro menyatakan siap memberikan suaka bagi Snowden.

Versi lain menyatakan, tujuan utama Snowden adalah Ekuador. Dari Venezuela, dia dikabarkan akan melanjutkan perjalanan ke negara yang dipimpin Presiden Rafael Correa tersebut. Namun, skenario pelarian Snowden itu kembali mentah lantaran dia tidak pernah naik pesawat tujuan Kuba tersebut. Sebaliknya, dia memutuskan untuk kembali menginap di bandara.

MOSKOW – Edward Snowden masih bertahan di Bandara Sheremetyevo hingga kemarin (27/6). Sejak pesawat yang dia tumpangi mendarat di Kota Moskow,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News