Pembongkar Borok Nixon Tutup Usia

Pembongkar Borok Nixon Tutup Usia
Foto : REUTERS/Lou Dematteis
SAN FRANCISCO - Informan skandal Watergate, W. Mark Felt, tutup usia pada Kamis waktu setempat (kemarin WIB) di usia 95. Menurut putrinya, Joan, mantan pejabat senior FBI itu mengembuskan napas terakhir ketika tidur di kediamannya Santa Rosa, dekat California.

Dia dikabarkan menderita komplikasi jantung dan Alzheimer. Penyakit yang disebutkan terakhir sampai-sampai menghilangkan memorinya tentang skandal paling menghebohkan Amerika Serikat pada tahun 1972 yang dibongkarnya kepada wartawan. Dia bahkan mengalami dua kali stroke dalam dua tahun terakhir.

Mark Felt menggunakan nama samaran ''Deep Throat'' ketika membimbing dua jurnalis The Wahington Post, Bob Woodward dan Carl Bernstein untuk membongkar skandal jaringan spionase politik, sabotase, dan penyuapan oleh Presiden AS Richard Nixon pada 1972. Dia baru membuka identitasnya setelah beberapa tahun skandal itu berlalu. Deep Throat dicuplik dari sebuah film porno yang populer ketika itu.

''Sayalah yang disebut Deep Throat,'' kata Felt kepada John D. O'Connor yang kemudian menulisnya di Majalah Vanity Fair tahun 2005 seperti dirilis Associated Press kemarin.

SAN FRANCISCO - Informan skandal Watergate, W. Mark Felt, tutup usia pada Kamis waktu setempat (kemarin WIB) di usia 95. Menurut putrinya, Joan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News