JPNN.com

Seabad Muhammadiyah

Pembukaan Muktamar oleh SBY dari Madinah

Sabtu, 03 Juli 2010 – 12:19 WIB Pembukaan Muktamar oleh SBY dari Madinah - JPNN.com
KENDATI dipisahkan ribuan kilometer, muktamar seabad Muhammadiyah hari ini tetap akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sedang menjalani umrah di Tanah Suci. Panitia sudah menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk menyambung dan menyiarkan langsung Jogja-Madinah.

Ketua III Panitia Muktamar Haryadi Suyuti menuturkan, telekonferensi itu tak hanya membutuhkan perangkat telekomunkasi, tapi juga pasokan setrum yang superbesar. Total dengan sound system berdaya 100 ribu watt, tata lampu, dan perangkat telekonferensi, panitia menyiapkan energi listrik 1,2 juta watt. Daya sebesar itu didapat dari 13 genset.

Untuk perangkat telekonferensi, kata Haryadi, ada pembagian tugas antara PT Telkom dan TVRI Jogjakarta. Untuk live conference di Indonesia, TVRI kebagian tugas menyiarkan langsung gambar yang diterima dari satelit. "Telkom bertugas menyiapkan peralatan satelit pendukung telekonferensi," kata Haryadi yang juga wakil wali kota Jogjakarta.

Menurut dia, pihaknya menyewa dua satelit. Yakni, Asiasat 5 dan Eutelsat W2A. Dua satelit itu ditopang dua hopling Satellite News Gathering (SNG) yang ditempatkan di Jogjakarta oleh TVRI dan satu SNG di Madinah oleh Saudi TV. "Ini benar-benar kerja sama lintasnegara," kata Haryadi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...