Pemda 'Bersih' Terima Reward

Terkait Laporan Keuangan

Pemda 'Bersih' Terima Reward
Pemda 'Bersih' Terima Reward
JAKARTA -- Mungkin cara ini akan menjadi pendorong bagi daerah-daerah untuk memperbaiki kinerja pengelolaan keuangannya. Pasalnya, pemerintah akan memberikan reward yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono bagi kepala daerah yang laporan hasil pemeriksaan keuangannya berpredikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Kami rasa penghargaan dari Presiden ini tidak bisa dinilai dengan uang. Sebab, dengan menerima penghargaan ini menjadi bukti siapa saja kepala daerah yang pengelola keuangannya bersih,” kata Kaditama Revbang Diklat PKN BPK RI, Daeng M Nazier pada wartawan dalam press lunch di Kantor BPK, Selasa (21/7).

Diakuinya, sampai saat ini belum ada mekanisme reward dan punishment bagi daerah setelah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)-nya diaduit dan mendapatkan opini dari BPK. Namun BPK bersama Menteri Keuangan sudah sepakat untuk memberikan reward bagi pemerintah pusat maupun kepala daerah yang sistem pengelolaan keuangan negara/daerahnya terbilang akuntabel dan transparan.

“Langkah awalnya seperti yang tadi dikatakan, yakni pemberian reward yang diserahkan langsung Presiden SBY pada tanggal 11 Agustus 2009 mendatang,” cetusnya.

JAKARTA -- Mungkin cara ini akan menjadi pendorong bagi daerah-daerah untuk memperbaiki kinerja pengelolaan keuangannya. Pasalnya, pemerintah akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News