Pemda Hanya Diminta Ikut Awasi BBM Bersubsidi

Pemda Hanya Diminta Ikut Awasi BBM Bersubsidi
Pemda Hanya Diminta Ikut Awasi BBM Bersubsidi
JAKARTA — Menteri Koordinator bidang ekonomi Hatta Rajasa mengatakan, rencana pengalihan beban subsidi BBM kepada Pemda bukan berarti pemerintah pusat ingin berbagi tanggungan fiskal. Menurutnya, pemerintah pusat hanya inin Pemda bisa ikut melakukan pengawasan. Sebab, kuota BBM subsidi yang ditanggung negara juga disebar ke seluruh daerah-daerah.

"Intinya dengan kuota yang ada itu, dilakukan koordinasi dan pengawasan terhadap penggunaan BBM subsidi. Agar tidak melampaui karena penyalahgunaan," kata Hatta kepada wartawan di Istana, Selasa (2/8).

Menurutnya, peran Pemda sangat penting untuk ikut mengawasi karena kuota BBM yang melebihi ketentuan bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Apalagi bila tidak diantisipasi bersama, beban fiskal akan menjadi semakin berat. 

"Kuota itu untuk mengantisipasi pertumbuhan. Tapi kalau diselundupkan ke industri dan ke mana-mana itu tidak akan cukup. Jadi penting fungsi pengawasan. Kalau soal sharing, sebenarnya dari kantong APBN juga masih cukup," kata Hatta.

JAKARTA — Menteri Koordinator bidang ekonomi Hatta Rajasa mengatakan, rencana pengalihan beban subsidi BBM kepada Pemda bukan berarti pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News