Pemda Sampang Diminta Dukung Kembangkan Industri Lokal

Pemda Sampang Diminta Dukung Kembangkan Industri Lokal
Menhub Budi Karya Sumadi (depan). Foto: M.Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, MADURA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Pelabuhan Trunojoyo Taddan di Kabupaten Sampang, Madura pada Sabtu (30/11) lalu.

Budi meminta Bupati untuk mendukung keberadaan pelabuhan dengan mengembangkan potensi industri lokal yang ada sehingga kemanfaatan pelabuhan ini menjadi semakin optimal.

“Kepada Bupati saya minta untuk mengembangkan apa potensi yang akan dikembangkan dengan menggandeng perguruan tinggi, sehingga ada kearifan lokal atau industri tertentu. Jadi pelabuhan ini tidak hanya untuk pergerakan manusia, tetapi juga untuk pergerakan barang atau logistik. Kami harapkan itu segera terjadi dan akan kami support,” jelas Budi.

Pelabuhan Trunojoyo Taddan terletak di Desa Taddan, Kecamatan Complong Kabupaten Sampang Provinsi Jawa – Timur. Secara hierarki Pelabuhan ini adalah sebagai Pelabuhan Pengumpan Lokal. Pembangunan Pelabuhan Trunojoyo Taddan dilaksanakan mulai 2009 - 2017 dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp287, 72 miliar.

Ke depan Pelabuhan ini akan bisa disandari kapal General Kargo sampai dengan kapasitas sebesar 3.000 DWT.

Beberapa fasilitas pelabuhan yang berhasil dibangun antara lain berupa Pembangunan Dermaga sepanjang 100 meter, causeway sepanjang 300 meter, trestle sepanjang 829 meter dan kedalaman alur sampai dengan – 7 mLWS.

Sedangkan dari sisi darat pembangunan berupa lapangan penumpukan seluas 150 x 100 m2,  rumah genset 24 m2, Gudang seluas 15 x 10 m2, gedung kantor seluas 10x10 m2, rumah menara air, pos penjagaan dan gapura.

Pelabuhan Trunojoyo Sampang ini akan dioperasionalkan untuk melayani bongkar muat barang, termasuk kapal penumpang dan kapal logistik 0ff-shore yang ada di sekitar perairan Selat Madura.

Kemenhub nantinya juga akan mengakomodir permintaan Bupati Sampang untuk menambah jumlah frekuensi kapal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News