Pemegang Kunci Pilwali Surabaya, Risma dan PDIP

Pemegang Kunci Pilwali Surabaya, Risma dan PDIP
Pemegang Kunci Pilwali Surabaya, Risma dan PDIP. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Peta politik untuk pemilihan wali kota (pilwali) Surabaya, Jawa Timur belum utuh. Meski ada wacana pembentukan Koalisi Poros Suroboyo oleh beberapa partai politik (parpol), hal itu belum menunjukkan calon pemimpin Surabaya lima tahun ke depan.

Bahkan, jika beberapa parpol sudah memunculkan nama bakal calon wali kota (bacawali), peta politik bisa berubah. Sebab, ada dua hal yang diyakini bakal memegang peran kunci dalam pilwali nanti.

Yakni, sosok Tri Rismaharini dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Risma (sapaan akrab Tri Rismaharini) belum menunjukkan sikap, apakah akan maju lagi atau tidak.

Sementara itu, PDIP adalah peraih suara terbanyak dalam pemilu legislatif pada April 2014. Wakil Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono menyatakan bahwa dua pemegang kekuasaan tersebut sedang tarik ulur dan menunggu momentum.

Alasannya, jika salah satu di antara dua penguasa tersebut membuka sikap, itu bakal langsung berpengaruh menyeluruh pada peta politik di Surabaya.

“Jika salah satu membuka kartu, barulah akan memengaruhi peta politik di Surabaya,” kata pria yang akrab disapa Awi tersebut.

Sebagaimana diberitakan, Risma memang belum pasti, apakah akan maju lagi dengan mencalonkan diri atau tidak. Dia digadang-gadang banyak pihak untuk mencalonkan atau ber-
sedia dicalonkan lagi, tapi belum menjawab. Dia sebelumnya menyatakan malah ingin menjadi pengajar di ITS.

Di sisi lain, PDIP masih tarik ulur, apakah akan mengusung Risma kembali atau tidak. Di lokal Surabaya, nama Whisnu Sakti Buana dijagokan untuk dicalonkan.

SURABAYA – Peta politik untuk pemilihan wali kota (pilwali) Surabaya, Jawa Timur belum utuh. Meski ada wacana pembentukan Koalisi Poros Suroboyo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News