Selasa, 24 Oktober 2017 – 02:07 WIB

Pemeran Pierre Tendean, Benar-benar Dipopor, Disundut Rokok

Sabtu, 30 September 2017 – 08:19 WIB
Pemeran Pierre Tendean, Benar-benar Dipopor, Disundut Rokok - JPNN.COM

jpnn.com - Wawan Wanisar adalah pemeran Kapten Anumerta Pierre A. Tendean dalam film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI. Jawa Pos mewawancarainya, 25 September 2017.
---
Siang itu cuaca Jakarta cerah. Pada pertengahan 1981. Wawan Wanisar yang tengah bersantai di rumahnya dikejutkan tamu tak dikenal.

Tak merasa punya masalah apa pun, dia heran kenapa sang tamu menyatakan keinginannya untuk mengajak dirinya ke rumah Jenderal Besar TNI (pur) Abdul Haris Nasution.

Sebenarnya Wawan merasa bangga lantaran diundang ke rumah Jenderal Nasution. Dia tokoh idolanya. Tapi, ya itu, kenapa undangannya mendadak.

”Beliau (Nasution, Red) sosok yang berwibawa. Saya selalu takjub ketika mendengar ceramah beliau ketika menjadi khatib salat Jumat,” kenang Wawan ketika diwawancarai Jawa Pos (25/9).

Wawan pada awal 1980-an tinggal di Jakarta Pusat. Tidak jauh dari kediaman Nasution di Jalan Teuku Umar.

Setelah purnawirawan, AH.Nasution, jenderal yang lolos dari penculikan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 1965 itu, memang menghabiskan banyak waktunya untuk berdakwah.

Esok harinya Wawan memenuhi undangan untuk datang ke rumah Nasution. Di sanalah dia tahu, orang yang mengundangnya ke Jalan Teuku Umar adalah seorang petugas dari Perusahaan Produksi Film Negara (PPFN), rumah produksi film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI.

Senang bukan kepalang, pria kelahiran 1949 itu bisa sekadar berjabat tangan dengan tokoh idolanya.

SHARES
loading...
loading...
Komentar