Pemerintah Akan Alihkan Truk Angkut ke Kapal Ro-Ro

Pemerintah Akan Alihkan Truk Angkut ke Kapal Ro-Ro
Pemerintah Akan Alihkan Truk Angkut ke Kapal Ro-Ro
JAKARTA - Demi mengurangi beban di jalan, salah satunya Jalan Pantai Utara (Pantura). Pemerintah berencana akan mengalihkan truk angkutan barang yang melakukan perjalanan jarak pendek untuk menggunakan Kapal Ro-Ro.

Hal ini diungkap Menteri Koordinator Perkekonomian Hatta Rajasa usai mengelar rakor di Gedung Kementerian Koordinator dan Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta (Rabu, 26/12). "Kita sudah berusaha tentang short sea line, jadi pelayaran pendek itu tidak perlu pakai jalan raya tapi pakai kapal Ro-Ro. Dan biayanya lebih murah," ujar Hatta.

Hatta menjelaskan, nantinya pemerintah akan memberikan insentif kepada para pengusaha atau perusahaan swasta yang akan mengembangkan angkutan container menggunakan Kapal Ro-Ro. Namun, saat ini pemerintah masih mengkaji mekanisme pemberian insentif tersebut.

"Jadi kalau misalnya katakanlah mau ke Priok lah, kita kembangkan jangan lewat Pantura misalkan pakai kapal Ro-Ro. Misal dari Semarang atau sebelum Semarang kita kembangkan pakai Ro-Ro terus berangkat ke Priok, itu jauh lebih murah," papar Hatta.

JAKARTA - Demi mengurangi beban di jalan, salah satunya Jalan Pantai Utara (Pantura). Pemerintah berencana akan mengalihkan truk angkutan barang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News