Pemerintah Antisipasi Lonjakan Urbanisasi

Pemerintah Antisipasi Lonjakan Urbanisasi
Pemerintah Antisipasi Lonjakan Urbanisasi
JAKARTA — Pasca lebaran, biasanya kota-kota besar di Indonesia dihadapkan pada tantangan urbanisasi dalam jumlah besar. Pemerintah pun telah menyiapkan berbagai program khusus, agar urbanisasi tidak terlalu memberatkan kota-kota besar tersebut.

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan penekanan disparitas (kesenjangan) harga antara kota dan daerah-daerah untuk menekan angka urbanisasi. "Untuk mencegah urbanisasi paska mudik, pemerintah berupaya terus untuk membuka lapangan kerja sebanyak mungkin di daerah," ujar Hatta di kantornya, Senin (6/9).

Masalah disparitas dan kesenjangan pembangunan antara kota dan desa, kata Hatta, sampai saat ini memang belum dapat diselesaikan pemerintah. Karenanya, hal itu menjadi pekerjaan besar pemerintah.

Hatta mengatakan, salah satu program yang bisa dimaksimalkan untuk menekan urbanisasi adalah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang terbukti bisa berkembang di daerah. "Pada daerah-daerah yang menjadi pendorong perekonomian, pemerintah tidak segan-segan untuk memberikan insentif atau kemudahan bagi investor untuk berusaha. Bisa saja bentuknya berupa keringanan pajak dan tarif listrik yang lebih murah," katanya.

JAKARTA — Pasca lebaran, biasanya kota-kota besar di Indonesia dihadapkan pada tantangan urbanisasi dalam jumlah besar. Pemerintah pun telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News