Pemerintah AS Kritik Rencana Bos Google ke Korut

Pemerintah AS Kritik Rencana Bos Google ke Korut
Pemerintah AS Kritik Rencana Bos Google ke Korut
WASHINGTON DC - Rencana bos Google, Eric Schmidt  mengungjungi Korea Utara (Korut) direspon negatif oleh Kementerian Luar Negeri AS. Meski rencana Eric itu sebagai bagian dari misi kemanusiaan politisi AS, Bill Richardson, namun pemerintah AS menganggapnya tak bermanfaat.

"Kami tidak berpikir bahwa pemilihan waktu kunjungan ini bermanfaat," Juru bicara deplu AS Victoria Nuland seperti dikutip laman BBC, Jumat (4/1). Bill Richardson adalah mantan gubernur New Mexico yang terlibat dalam negosiasi ad-hoc dengan Korut selama 20 tahun terakhir.

Richardson juga membantu upaya pembebasan warga negara AS yang ditangkap Pyongyang. Bulan lalu, Korut menangkap seorang warga negara AS keturunan Korea, Pae Jun Ho, atas sejumlah dugaan kejahatan.

Sementara itu beberapa analis berspekulasi bahwa kunjungan Eric memiliki alasan strategis. Apalagi penggunaan internet di Korut sangat dibatasi oleh pemerintah yang berkuasa. Hanya sedikit orang yang memiliki akses ke komputer dan sebagian besar pengguna hanya mengakses intranet nasional, bukan world wide web.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News