Pemerintah Bakal Integrasikan Litbang Semua Kementerian

Pemerintah Bakal Integrasikan Litbang Semua Kementerian
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Bakal Integrasikan Litbang Semua Kementerian

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini pemerintah bersama DPR sedang menyiapkan payung hukum untuk mengintegrasikan semua Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) lintas kementerian.

Hal ini disampaikan Bambang saat dimintai tanggapan soal arahan Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Senin (9/4).

Saat itu, Jokowi mengatakan anggaran riset di semua kementerian mencapai Rp 24,9 triliun.

Namun, dia belum puas dengan hasil yang dicapai. Ke depan dia meminta dana sebesar itu harus tahu mau digunakan untuk apa dan kelihatan hasilnya.

"Rancangan Undang-undangnya lagi dibahas di DPR dan pemerintah, dan Kemenristek Dikti. Targetnya tahun ini (selesai)," ucap Bambang di Istana Negara.

Menurut Bambang, RUU Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek) yang diusulkan pemerintah ke DPR, akan menjadi payung hukum guna mengintegrasikan litbang antarkementerian dan lembaga. Termasuk BPPT, LIPI, BATAN dan lainnnya.

"Nah sekarang kami usahkan kementerian yang litbangnya gak terlalu aktif direview dululah. Masih perlu gak litbang itu, karena kan bisa saja litbang itu diintegrasikan dengan BPPT dan LIPI," jelas dia.

RUU Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang diusulkan pemerintah ke DPR akan menjadi payung hukumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News