Pemerintah Bayar Utang Rp4,6 T ke PLN

Pemerintah Bayar Utang Rp4,6 T ke PLN
Pemerintah Bayar Utang Rp4,6 T ke PLN
JAKARTA — Pemerintah akan membayar utang subsisi listrik kepada PLN yang nunggak 2009 lalu. Anggaran dana sekitar Rp4,6 triliun akan diambil dari sisa anggaran lebih (SAL). Utang tersebut akan dibayarkan pada 2011, maju setahun dari saran DPR yang meminta dibayar pada 2012.

"DPR menyarankan bayarnya di 2012. Tapi kita sampaikan pada DPR, bahwa dana itu diperlukan oleh PLN. Jadi dari kesepakatan bersama, kalau memang PLN mengalami kekurangan anggaran maka utang subsidi tetap kita bayar di 2011 dengan SAL," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (16/10).

Sebenarnya, kewajiban membayar utang ke PLN, kata Agus, mencapai Rp8,6 triliun. Namun, pemerintah baru sanggup membayar Rp4 triliun, sehingga masih ada sisa utang subsidi sebesar Rp4,6 triliun. Sementara, bila utang subsidi listrik ini tidak dibayarkan pemerintah, PLN mengeluhkan adanya kebutuhan dana yang lebih banyak untuk operasional PLN.

"Pembengkakan itu bisa terjadi karena pemakaian BBM yang berlebih, hal itu disebabkan belum adanya hasil maksimal dari pemakaian gas atau batu bara. Kalau dana SAL ada tahun ini, kita akan gunakan dana itu. Tapi, aturannya akan kami pelajari lagi," kata Agus.

JAKARTA — Pemerintah akan membayar utang subsisi listrik kepada PLN yang nunggak 2009 lalu. Anggaran dana sekitar Rp4,6 triliun akan diambil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News