Pemerintah Berencana Hapus Kredit Macet UMKM, BRI: Memang Perlu

Pemerintah Berencana Hapus Kredit Macet UMKM, BRI: Memang Perlu
Direktur Utama BRI Sunarso menyambut baik dan mendukung kebijakan pemerintah tersebut. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berencana akan menghapus kredit macet segmen Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) di bank.

Upaya itu dinilai sebagai salah satu solusi mendorong laju pertumbuhan kredit kepada UMKM dan ekonomi makin cepat pulih pascakrisis akibat pandemi.

Direktur Utama BRI Sunarso menyambut baik dan mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

"Sejak 2021, perseroan telah mengusulkan kepada regulator untuk me-review soal ketentuan terkait hapus buku kredit dan tagih piutang (write-off) bagi UMKM," kata Sunarso di Jakarta, Rabu (19/7).

Menurutnya, segmen UMKM, khususnya mikro dan ultra mikro, masih memiliki peluang besar dalam pembiayaan. Kendati demikian di segmen UMKM sendiri masih ada masalah meminjam dan tidak terbayar.

Di sisi lain BRI yang merupakan bank pemberdaya UMKM sekaligus perusahaan milik negara, tidak berani menghapuskan kredit macet tersebut karena dapat masuk sebagai aset negara.

“Maka butuh policy seperti rencana pemerintah tersebut, sehingga akan menambah daya jelajah dan konsumsi kredit UMKM di masa yang akan datang. Kami telah lama memperjuangkan hal ini (hapus buku dan hapus tagih), jadi kami menyambut baik rencana tersebut,” ujar Sunarso.

Saat ini kontribusi UMKM terhadap PDB berada di sekitar 60 persen dan menyerap 96 persen tenaga kerja nasional.

Pemerintah berencana akan menghapus kredit macet segmen Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) di bank.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News