Pemerintah Cabut Syarat PCR dan Antigen untuk Perjalanan, Ganjar Minta Semua Siap-siap

Pemerintah Cabut Syarat PCR dan Antigen untuk Perjalanan, Ganjar Minta Semua Siap-siap
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, BANYUMAS - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons rencana pemerintah menerapkan kebijakan menghapuskan tes antigen dan polymerase chain reaction (PCR) sebagai syarat perjalanan domestik jalur darat, laut, dan udara.

Ganjar pada dasarnya mengapresiasi rencana penerapan kebijakan tersebut. Namun demikian, dia juga meminta semua pihak mesti siap-siap. 

"Kalau kemudian sudah agak melandai saya kira ketentuan itu baik, tetapi setidaknya semua mesti siap-siap, Perhubungannya siap-siap, masyarakat siap-siap. Kan, kalau mereka sudah divaksin lengkap ini akan jadi insentif buat mereka nanti bisa bepergian dengan leluasa," kata Ganjar di sela-sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banyumas, Selasa (8/3).

Orang nomor satu di Jateng itu berharap pemerintah memperhitungkan rencana penerapan kebijakan tersebut dengan matang.

"Mudah-mudahan sudah masuk perhitungan, tetapi waktunya saya kira perlu mempertimbangkan kondisi yang sekarang," ujarnya.

Dia menjelaskan kondisi yang dimaksud ialah situasi kasus Covid-19 di daerah-daerah.

Sebab, ujar dia, meskipun secara nasional sudah menunjukkan penurunan, namun beberapa daerah masih belum termasuk Provinsi Jateng.

"Kalau lihat kemarin DKI Jakarta, Jawa Barat itu juga penurunannya sudah agak tinggi, Bali juga sudah agak tinggi penurunannya, mudah-mudahan semuanya akan mengikuti," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo merespons rencana pemerintah menerapkan kebijakan menghapus tes antigen dan PCR sebagai syarat perjalanan domestik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News