Pemerintah China Siap Memfasilitasi Pemulangan WNI

Pemerintah China Siap Memfasilitasi Pemulangan WNI
Plt Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah menyebut pemerintah China memberi kemudahan bagi Indonesia untuk bisa memulangkan WNI dari wilayah terdampak virus Corona di Provinsi Hubei.

"Pemerintah RRT (China) siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus Novel Corona (nCov), Provinsi Hubei ke Indonesia," kata Faizasyah melalui pesan singkat kepada JPNN.com, Kamis (30/1).

Pemerintah RI, kata Faizasyah, akan memulangkan WNI dalam waktu dekat. Saat ini pemerintah sedang mematangkan kesiapan di dalam negeri.

"Saat ini sedang dimatangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (di Wuhan). Hal ini diperlukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan," kata dia.

Menurut Faizasyah, tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu proses pemulangan di lapangan. KBRI telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya.

"Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi dalam proses ini," ucap dia.

"Tugas utama Kemenlu RI adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," katanya. (mg10/jpnn)

Pemerintah China memberi kemudahan bagi Indonesia untuk bisa memulangkan WNI dari wilayah terdampak virus Corona di Provinsi Hubei.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News