Pemerintah Didesak Serius Berantas Mafia Pembakaran Hutan

Pemerintah Didesak Serius Berantas Mafia Pembakaran Hutan
jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mendesak pemerintah bersikap tegas terhadap pihak-pihak yang menyebabkan kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

"Ini jelas ada mafia asap yang sengaja membakar lahan untuk keuntungan ekonomi. Aparat harus menindak tegas dengan semua bentuk ancaman hukuman, bukan hanya pidana, tapi juga perdata dan pencabutan izin. Minta perusahaan yang lahannya terbakar bertanggung jawab, jika disengaja cabut izinnya, tuntut perdata maupun pidana," kata Jazuli di gedung DPR Jakarta, Selasa (15/9).

Anggota Komisi III itu menambahkan, pembakaran lahan menyebabkan kerugian yang luar biasa. Selain itu, asap pekat juga mengancam kesehatan warga Sumatera dan Kalimantan.

"Pembakaran lahan ini bukan hal baru. Bahkan early warning hingga data-data investigatif sudah banyak dikemukakan kalangan kampus, LSM, dan lain-lain. Tapi kenapa upaya pencegahan tidak dapat dilakukan pemerintah?" tanya Jazuli.

"Tangkap aktor intelektualnya. Jangan pernah menutupi apalagi melindungi jika itu melibatkan oknum pengusaha yang bermain mata dengan aparat pemerintah dan keamanan,” tegas Jazuli. (fat/jpnn)

 

 

JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mendesak pemerintah bersikap tegas terhadap pihak-pihak yang menyebabkan kebakaran hutan di Sumatera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News