Pemerintah Diminta Berikan Pelatihan kepada Petani

Pemerintah Diminta Berikan Pelatihan kepada Petani
Ilustrasi. Foto JPG/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencatat kebutuhan produk pertanian akan meningkat pesat hingga 2030.

Hanya saja, hingga saat ini produksi pertanian di Indonesia masih cukup minim.

Untuk itu, pemerintah perlu memberikan pelatihan pendidikan kepada para petani.

"Tantangan di produksi adalah urbanisasi dan penduduk yang terus berubah. Setiap peternakan satu petani dapat dua hingga tiga ekor. Buruh pendidikan vokasional sehingga tumbuh 60 persen pertumbuhan produksi ekonomi. Ada tenaga kerja masih kurang," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Pengolahan Makanan dan Peternakan Juan Permata Adoe.

Menurutnya, selama ini belum ada sinkronisasi kebijakan pemerintah yang justru menginginkan peningkatan produksi pertanian.

Padahal, butuh pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan pada sektor pertanian di Indonesia.

"Pemerintah minta harga stabil, tapi tidak diiringi kebijakan. Padahal kesempatan untuk masuk pada sektor ini membuat majunya industri. Kami harus melihat biaya yang banyak terbuang. Infrastruktur juga harus dibangun," tuturnya.

Menurutnya, butuh pengembangan infrastruktur dan teknologi untuk melihat secara lebih jelas mengenai gambaran pemanfaatan lahan melalui pendekatan geospasial.

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencatat kebutuhan produk pertanian akan meningkat pesat hingga 2030. Hanya saja, hingga saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News