Pemerintah Diminta Bijak dalam Memutuskan Kenaikan Tarif Cukai Rokok

Pemerintah Diminta Bijak dalam Memutuskan Kenaikan Tarif Cukai Rokok
Pekerja di pabrik rokok. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI Willy Aditya meminta pemerintah bersikap bijak dan berhati-hati ketika memutuskan kebijakan cukai hasil tembakau (CHT).

Pasalnya, industri hasil tembakau (IHT), khususnya sigaret kretek tangan (SKT) merupakan sektor padat karya yang menjadi tumpuan hidup banyak orang.

Menurut Willy, IHT mengalami tekanan berat setiap kali CHT akan dinaikkan.

Selain menurunkan produktivitas IHT, kenaikan CHT juga menyuburkan pasar rokok ilegal. Terlebih dalam situasi pemulihan ekonomi seperti saat ini.

“Petani dan buruh pelinting sigaret kretek tangan (SKT) merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang kelangsungan hidup, pekerjaan, dan penghasilannya harus tetap diperhatikan. Salah satunya dengan melindungi industri yang menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka,” ungkap Willy.

Legislator dapil Madura ini juga mengingatkan, sudah cukup banyak terdengar suara-suara penolakan kenaikan tarif CHT dari petani dan pekerja SKT demi kelangsungan kehidupan mereka.

Terbaru adalah suara dari petani tembakau di Madura yang berkirim surat secara langsung kepada Presiden Jokowi.

Bagi Willy, pemerintah tidak boleh abai terhadap aspirasi mereka. Protes dari berbagai pihak ini menunjukkan bahwa pemerintah harus betul-betul adil dalam menentukan kebijakan cukai terutama di sektor padat karya.

Pemerintah diminta bersikap bijak dan berhati-hati ketika memutuskan kebijakan cukai hasil tembakau (CHT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News