Pemerintah Diminta Selektif Berikan Gelar Pahlawan

Pemerintah Diminta Selektif Berikan Gelar Pahlawan
Pemerintah Diminta Selektif Berikan Gelar Pahlawan
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, mengingatkan pemerintah untuk lebih selektif dan berhati-hati dalam memberikan gelar pahlawan bagi siapapun. "Penuhi dulu seluruh persyaratan dan aturannya secara cermat dan objektif, baik pada tingkat pengusul, tokoh yang diusulkan, sampai pada kementerian terkait dan pemerintah," kata Nur Wahid, di DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (22/10).

Pemberian gelar pahlawan, lanjut Nur Wahid, bukanlah hal yang sederhana. Melainkan, hal itu merupakan masalah yang penting dan prinsipil. Karena itu katanya, pemerintah harus bijak dan kritis menyikapi usulan masyarakat, untuk memberikan atau tidak memberikan gelar pahlawan nasional kepada siapapun juga.

"Sekali gelar diberikan kepada seseorang, sulit sekali untuk dicabut, karena yang bersangkutan sudah meninggal. Kita tidak ingin gelar pahlawan itu jadi olok-olokan di tingkat masyarakat, karena pahlawan itu adalah sosok yang amat diperlukan oleh setiap bangsa. Mereka yang diberi gelar pahlawan itu adalah orang yang menjadi panutan di masyarakat, meskipun bukan malaikat," imbuh mantan Ketua MPR itu.

Akan halnya soal usulan, lanjut Nur Wahid pula, siapa saja punya hak untuk itu. Tetapi apakah dikabulkan atau tidak, sepenuhnya menjadi urusan pemerintah dengan segala persyaratannya.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, mengingatkan pemerintah untuk lebih selektif dan berhati-hati dalam memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News