Pemerintah Diminta Seriusi Mobil Esemka

Pemerintah Diminta Seriusi Mobil Esemka
Pemerintah Diminta Seriusi Mobil Esemka
JAKARTA—Pemerintah diminta untuk lebih tanggap dalam merespon potensi dan kreativitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terkiat dengan munculnya mobil Esemka yang menambah daftar prestasi anak bangsa dalam bidang teknologi khususnya otomotif.

“Ini menjadi pelajaran untuk para pemangku kebijakan negeri kita. Dengan modal terbatas, siswa SMK mampu merakit mobil seperti itu. Seharusnya pemerintah langsung tanggap merespon potensi dan kreativitas anak bangsa ini. Jangan dikorbankan hanya karena kepentingan politik,” terang Anggota DPR RI, Jazuli Juwaini di Jakarta, Kamis (5/1).

Menurutnya, industri otomotif dalam negeri tidak bangkit dikarenakan berbagai hambatan terutama di level pengambil kebijakan. Bahkan, lanjut Jazuli, dimungkinkan ada oknum yang selama ini menikmati keuntungan merasa terganggu jika industri dalam negeri bangkit.

"Indonesia punya banyak SDM yang pintar dan kreatif serta diakui di dunia internasional. Contohnya di Honda, Toyota, Ford banyak disainer dan SDM andalannya berasal dari Indonesia.  Protonnya Malaysia saja sampai sekarang belum jelas keuntungannya. Tapi mobil nasional Malaysia tersebut didukung oleh kebijakan pemerintahnya, sama seperti Korea dan Jepang. Pemerintah mereka sangat mendukung kemandirian industri otomotif,” papar Jazuli.

 

JAKARTA—Pemerintah diminta untuk lebih tanggap dalam merespon potensi dan kreativitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terkiat dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News