Pemerintah Fokus Berikan Bantuan ke Sektor Swasta

Pemerintah Fokus Berikan Bantuan ke Sektor Swasta
Nilai tukar rupiah hari ini. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menilai sektor swasta cukup berpengaruh dalam memulihkan pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu, pemerintah berupaya untuk memberikan relaksasi kepada sektor swasta.

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin bahkan menyebut dalam struktur ekonomi Indonesia, kontribusi sektor swasta mencapai lebih dari 70 persen.

"Dari ekonomi Indonesia yang seribu triliun ini, paling besar merupakan kontribusi swasta. Sekitar sisanya 16 persen dari BUMN, sisanya lagi baru dari pemerintah," ucap Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (4/11).

Pemerintah, katanya, akan mengeluarkan dana sebanyak-banyaknya melalui program PEN dan memastikan pengeluaran dari kementerian atau lembaga semaksimal mungkin.

Meski demikian, pengeluaran pemerintah paling besar akan berkontribusi terhadap ekonomi Indonesia sebesar 16-17 persen, ditambah pengeluaran kementerian atau lembaga sekitar 5-6 persen.

"Sebagian besar sangat bergantung ke sektor swasta. Oleh karena itu, kami akan mencoba memfokuskan beberapa program yang bisa memberikan stimulus agar bisa berputar roda ekonominya," lanjut Budi.

Misalkan, kata dia, subsidi sembako bisa melibatkan pihak swasta untuk transportasinya. Khusus Satgas PEN, kata Budi, akan menangani akses ke pinjaman, jaminan kredit dan pinjaman-pinjaman ke daerah.

Agar daya ungkit ekonomi tidak hanya dari pemerintah. "Tanpa bersama-sama antara pemerintah dan swasta, akan sangat sulit kita mengangkat pertumbuhan ekonomi menjadi positif," ujarnya.

Pemerintah terus berupaya untuk memberikan relaksasi kepada sektor swasta karena dinilai memiliki daya ungkit ekonomi yang kuat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News