Pemerintah Gencarkan Lobi demi Jadi Anggota DK PBB

Pemerintah Gencarkan Lobi demi Jadi Anggota DK PBB
PBB. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus menggencarkan lobi ke negara-negera anggota PBB untuk bisa masuk sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan.

"Yang kita lakukan sekarang adalah mencari dukungan-dukungan. Pak wapres di New York juga menggalang dukungan. Kita ingin meyakinkan negara-negara bahwa kita adalah mitra untuk perdamaian," ucap Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AM Fachir di kompleks Istana Negara Jakarta, Selasa (19/9).

Pejabat kelahiran Banjarmasin ini pun berharap, komitmen pemerintah untuk menciptakan perdamaian dan keamanan dunia bisa menjadi pertimbangan negara-negara di dunia mendukung Indonesia masuk DK PBB.

Upaya-upaya yang telah dilakukan Indonesia menurut Fachir, antara lain terlibat dalam mengirim pasukan perdamaian. Bahkan, pasukan Indonesia termasuk kedelapan terbesar di dunia.

"Kita kedelapan terbesar pasukan perdamaian. Itu wujud nyata dari kita ikut berkontribusi. Selain itu ya isu-isu keamanan global itu akan menjadi isu yang kita ikut berkontribusi mencarikan solusinya," jelas Fachir.(fat/jpnn)


Pemerintah berusaha keras untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News