Pemerintah Harapkan Perseteruan Agen Hyundai Tak Berujung PHK

Pemerintah Harapkan Perseteruan Agen Hyundai Tak Berujung PHK
Pemerintah Harapkan Perseteruan Agen Hyundai Tak Berujung PHK
JAKARTA - Pemerintah meminta perseteruan antara Korindo Heavy Industri (KHI) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) produk mobil komersial Hyundai di Indonesia dengan Hyundai Motor Corporation (HMC) selaku prinsipal bisa diselesaikan secara damai di luar pengadilan. Hal itu perlu dilakukan agar nasib para pekerja tidak terbengkalai.

Permintaan pemerintah itu disampaikan Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian, Budi Dharmadi, Selasa (5/6). Menurut Budi, seharusnya pihak HMC dan KHI bisa duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan yang ada dengan musyawarah atau kekeluargaan, sehingga menghasil keputusan win-win solution bagi keduanya.

Dikatakannya, sebenarnya perseteruan dua perusahaan ini sudah lama terjadi. Bahkan Kementerian Perdagangan sudah menjadi mediator untuk menyelesaikan masalah ini dengan jalan damai, sehingga menguntungkan kedua pihak.

“Tapi upaya yang dilakukan gagal, sehingga akhirnya pemerintah angkat tangan. Kami selalu mengingatkan kedua perusahaan ini segera menyelesaikan sengketa ini, sehingga nasib pekerja di pabrik tidak terkatung-katung yang berakibat dilakukannya PHK,” kata dia.

JAKARTA - Pemerintah meminta perseteruan antara Korindo Heavy Industri (KHI) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) produk mobil komersial Hyundai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News